+62 274 623896

Home » Project » Seri Diskusi Satu Hari mengenai Prinsip-prinsip Dasar Kemanusiaan bagi Yayasan Sayangi Tunas Cilik di Palu, Donggala dan Jakarta

Seri Diskusi Satu Hari mengenai Prinsip-prinsip Dasar Kemanusiaan bagi Yayasan Sayangi Tunas Cilik di Palu, Donggala dan Jakarta

Latar belakang

Situasi darurat kemanusiaan di Sulawesi tengah yang diakibatkan oleh peristiwa gempabumi yang diikuti oleh tsunami dan likuefaksi memerlukan pengelolaan dan koordinasi resons yang efektif dari semua pelaku kemanusiaan yang hadir. Pemahaman yang baik and pelaksanaan perlindungan dan prinsip kemanusiaan serta tindakan keselamatan pribadi dan keamanan tim sangatlah penting untuk memandu para pelaku kemanusiaan dalam membantu warga masyarakat yang terdampak untuk bangkit dan membangun kembali kehidupan dan penghidupan mereka.

 

Yayasan Sayangi Tunas Cilik

Yayasan Sayangi Tunas Cilik (YSTC) menyelenggarakan rangkaian sesi diskusi satu-hari mengenai prinsip-prinsip dasar kemanusiaan bagi semua Staffnya baik yang bertugas di Sulawesi Tengah maupun di Kantor Jakarta untuk mendiskusikan persoalan-persoalan kemanusiaan secara umum, rujukan global tentang Piagam Kemanusiaan dan Standar Minimum Sphere.

 

Tujuan

Tujuan dari penyelenggaraan sesi diskusi ini adalah untuk menyegarkan kembali pemahaman Staf YSTC dan, bagi sejumlah karyawan baru, untuk mengenalkan secara khusus tentang prinsip-prinsip kemanusiaan, kerangka hukum, perlindungan, sistem tanggap darurat bencana, dan keselamatan pribadi dan keamanan tim di daerah terdampak bencana.

 

Fasilitator

CIRCLE Indonesia diminta oleh YSTC untuk memfasilitasi rangkaian sesi diskusi satu-hari mengenai prinsip-prinsip dasar kemanusiaan untuk 114 Staff YSTC di Palu pada tanggal 28 Jan-1 Feb, 54 Staff di Donggala pada tanggal 4-6 Feb, dan 61 Staff di Jakarta pada tanggal 29-30 Mei.

CIRCLE Indonesia menugaskan empat Pelatih yang berpengalaman dalam isu kemanusiaan untuk memfasilitasi sesi diskusi tersebut; mereka adalah Benny Usdianto, Rinto Andriono, Mindaraga Rahardja, dan Iskandar Leman.

 

Topik Diskusi mencakup

  • Piagam kemanusiaan dan prinsip-prinsip kemanusiaan
  • Perlindungan kemanusiaan
  • Kode Perilaku Gerakan Palang Merah
  • Sistem komando tanggap darurat bencana dan koordinasi
  • Keselamatan dan keamanan dalam situasi darurat bencana.

 

PHOTO-2019-01-29-11-18-05 PHOTO-2019-01-28-08-27-47

PHOTO-2019-01-28-13-59-23 Picture1

 

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Comments are closed.

en_US
id_ID