+62 274 623896

Home » Pelatihan » Training on ToC and Its Application in Project Design and Impact Evaluation, 25 – 27 October 2017

Training on ToC and Its Application in Project Design and Impact Evaluation, 25 – 27 October 2017

*Only available in Bahasa Indonesia
 

Teori Perubahan (Theory of Change) kini telah menjadi salah satu persyaratan wajib bagi para perancang dalam mendesain proyek yang efektif, dan para manajer untuk memandu mereka dalam mengelola pelaksanaan kegiatan intervensi proyek. Mengapa demikian? Ini karena Teori Perubahan akan memberikan panduan tentang bagaimana beragam intervensi tersusun dan dapat terlaksana secara runtut sehingga sasaran (objective) dapat tercapai dan memberikan hasil (outcome) dan dampak (impact) yang diinginkan. Di tengah semakin sulitnya memperoleh dana untuk melakukan intervensi pembangunan, dan sengitnya persaingan antar-lembaga di segala bidang untuk mempertunjukkan keefektifan pendekatan yang masing-masing usulkan, Teori Perubahan dalam desain proyek akan memberikan keunggulan kompetitif dan peluang lebih besar bagi suatu proyek dalam mencapai tujuannya, yaitu membangkitkan dan memberikan manfaat bagi para penerima-manfaatnya. Di sisi lain, karena dampak proyek, baik yang diinginkan (intended) mau pun yang tidak disengaja (unintended), dapat bersifat positif maupun negatif, Teori Perubahan dapat digunakan untuk mengurangi risiko sejak awal kemungkinan munculnya dampak negatif apalagi yang tidak disengaja dari sebuah proyek.

Oleh karena itu, Teori Perubahan juga sangat disarankan untuk digunakan dalam mengevaluasi dampak proyek: disamping untuk menilai apakah terdapat kesenjangan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang dapat berakibat kepada dampak yang terjadi, ia juga dapat digunakan untuk membahas mengapa suatu atau beberapa dampak dapat terjadi. Dalam evaluasi dampak, Teori Perubahan tidak hanya berbicara tentang dampak yang terjadi tetapi juga mengulas mengapa dampak tersebut dapat terjadi.

Untuk mengakomodasi keinginan beragam pihak untuk mengetahui lebih jauh tentang Teori Perubahan dan bagaimana menerapkannya dalam desain dan evaluasi dampak proyek, CIRCLE Indonesia menawarkan pelatihan tentang “Memahami Teori Perubahan dan Penerapannya dalam Desain dan Evaluasi Dampak Proyek.”

 

Tujuan pelatihan

Pelatihan ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada peserta tentang:

  • Teori Perubahan dan peranannya dalam desain dan evaluasi dampak proyek.
  • Cara membuat Teori Perubahan dan menggunakannya untuk menilai perubahan pada tahapan proyek, dan dampak dari perubahan-perubahan yang terjadi.

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan:

  • Memahami apa yang dimaksud dengan Teori Perubahan.
  • Mampu membuat Teori Perubahan dan menggunakannya untuk menilai perubahan pada tahapan-tahapan proyek.
  • Mampu menggunakan Teori Perubahan dalam mendesain dan mengevaluasi dampak proyek

 

Biaya pelatihan:

  • Biaya untuk mengikuti pelatihan ini adalah sebesar Rp. 5.000.000,– (lima juta Rupiah). Biaya tersebut sudah mencakup makan siang dan 2 rehat pagi & sore selama pelatihan, serta bahan pelatihan, dokumentasi dan sertifikat.
  • Early bird. Calon peserta yang mendaftar sebelum tanggal 25 Agustus 2017, cukup membayar Rp 4.500.000 (empat juta lima ratus ribu rupiah).
  • Biaya tidak termasuk akomodasi peserta. Panitia bisa membantu memesankan hotel yang dikehendaki.

 

 

Untuk detail informasi silakan lihat di link ini
Kerangka Acuan Pelatihan ToC

 

Pendaftaran sudah dibuka dan untuk mendaftar pelatihan ini, silakan mengisi formulir pada link dibawah ini: Formulir Pelatihan Pelatihan ToC
 
 
 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Comments are closed.

en_US
id_ID