+62 274 623896

Home » Pelatihan » Pelatihan Evaluasi Dampak, 29 – 30 Juni 2018

Pelatihan Evaluasi Dampak, 29 – 30 Juni 2018

Salah satu hal yang ingin dicapai oleh suatu program atau proyek adalah hasil (outcome) positif dari intervensi yang dilakukannya yang kemudian memberi dampak (impact) positif lebih luas. Persoalannya, pelaksanaan suatu program atau proyek di suatu tempat atau komunitas target tidak berjalan sendiri alias terisolasi dari kegiatan lain yang sedang berjalan di tempat atau komunitas target tersebut. Ini menyebabkan pelaksanaan suatu program atau proyek juga dapat dipengaruhi oleh kegiatan lain dari luar. Oleh karena itu, disamping dampak yang diinginkan (intended impact) terkait dengan intervensi, sangat mungkin sebuah program atau proyek menimbulkan dampak yang tidak disengaja (unintended impact). Lebih jauh lagi, selain bersifat positif dampak yang terjadi dapat saja bersifat negatif. Pertanyaannya kemudian, bagaimana kita bisa menentukan bahwa kegiatan intervensi yang kita lakukan memberikan dampak positif yang kita rancang dan rencanakan? Tidak kalah pentingnya, bagaimana kita dapat membedakan dampak yang ditimbulkan oleh program/proyek yang kita kelola dari dampak yang disebabkan oleh kegiatan lain yang tidak ada kaitannya? Diperlukan sebuah pemahaman yang mendalam tentang apa yang dimaksud dengan dampak dan bagaimana mengukurnya.

Untuk mengakomodasi keinginan beragam pihak untuk mengetahui lebih jauh tentang apa yang dimaksud dengan dampak (dan membedakannya dari hasil), serta bagaimana cara mengevaluasinya, CIRCLE Indonesia –yang telah berpengalaman dalam melakukan evaluasi terhadap beragam program/proyek pengembangan masyarakat dan pengelolaan sumber daya alam– menawarkan pelatihan tentang “Evaluasi Dampak.”
 

Tujuan pelatihan
Pelatihan ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada peserta tentang:

  • Dampak progam atau proyek, dan jenis-jenisnya.
  • Cara mengevaluasi dampak dari perubahan-perubahan yang terjadi diakibatkan oleh suatu program/proyek.

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan:

  • Memahami apa yang dimaksud dengan dampak program/proyek.
  • Mampu menentukan, memilih dan mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk melakukan evaluasi dampak.
  • Mampu melakukan evaluasi dampak program/proyek.

 

Biaya pelatihan

Penutupan Pendaftaran Batas Waktu Early Bird Biaya Early Bird Biaya Normal  
10 Juni 2018 10 Mei 2018            3.000.000              3.500.000

 


 

Untuk detail informasi silakan lihat di link ini
Kerangka Acuan Evaluasi Dampak

 

Pendaftaran sudah dibuka dan untuk mendaftar pelatihan ini, silakan mengisi formulir pada link dibawah ini: Formulir Pelatihan Evaluasi Dampak
 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Comments are closed.

en_US
id_ID