+62 274 623896

Home » Training » Pelatihan “Perencanaan, Monitoring & Evaluasi Program yang Partisipatif” Tanggal 8 – 11 Oktober 2013

Pelatihan “Perencanaan, Monitoring & Evaluasi Program yang Partisipatif” Tanggal 8 – 11 Oktober 2013

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh CIRCLE Indonesia pada tiap tahunnya adalah mengadakan bermacam pelatihan yang diperuntukkan bagi staf organisasi yang mengimplementasikan program-program pembanguan (NGO, CSR, dll) di berbagai sector.

Pada tanggal 8 – 11 Oktober 2013 CIRCLE Indonesia akan mengadakan pelatihan “Perencanaan, Monitoring & Evaluasi Program yang Partisipatif. Ini adalah adalah pelatihan yang ke enam yang diselenggarakan oleh CIRCLE Indonesia. Pelatihan sebelumnya diselenggarakan pada pada tanggal 5-8 Maret 2013, diikuti oleh 15 orang (9 perempuan, 6 laki-laki; 14 orang dari berbagai daerah di Indonesia dan satu orang Timor Leste). Berdasarkan evaluasi yang dilakukan terhadap pelatihan tersebut, menunjukkan bahwa pelatihan berjalan dengan sukses dan lancer, para pesertapun merasa pelatihan bermanfaat dan sangat senang dengan prosesnya. Hal ini dapat dilihat dari komentar beberapa peserta di bawah ini:

Rondang S.E Siregar dari Pusat Studi Perubahan Iklim, Universitas Indonesia mengekspresikan ini dengan, “Selama ini saya selalu ikut training di luar negeri… tapi menurut saya, pelatihan tentang program-program pembangunan apapun untuk konteks Indonesia, yang terbaik adalah yang diselenggarakan oleh orang kita sendiri, di Indonesia. Kita kaya akan berbagai jenis praktek dan proyek-proyek dengan konteks yang begitu kaya di berbagai isu, seperti kehutanan, kemiskinan, kebencanaan, gender, advokasi, dsb. Seperti training dari CIRCLE sekarang, saya merasa mendapatkan banyak sekali pemahaman dan pengalaman yang akan sangat membantu saya untuk menjalankan program dan kerja-kerja saya”.

Bonnifacio dari CRS Timor Leste mengungkapkan di fan page CIRCLE Indonesia, sehari setelah pelatihan, “…Terimakasih juga kepada CIRCLE yang menyediakan training yang begitu fun dan sangat bermanfaat…. Thanks juga sama sama teman-teman yang sangat familiar, fun dan lucu-lucu sehingga saya bisa mengatakan bahwa the training was amazing. Good job CIRCLE….!!!”.

Apakah Perencanaan, Monitoring & Evaluasi Program?

Sebagaimana hidup manusia, sebuah program juga memiliki siklus hidup sejak dia direncanakan sampai dia berakhir. Perencanaan program biasanya tertuang dalam sebuah dokumen yang dikenal dengan sebutan Logical Framework (logframe), yang kemudian disingkat menjadi Logframe. Perencanaan program yang baik adalah perencanaan yang didasarkan pada analisis masalah yang kontekstual dengan masyarakat dimana kita akan bekerja. Dari sini, kita merumuskan perubahan-perubahan yang kita harapkan akan terjadi. Perencanaan program yang baik tercermin dalam hirarki perubahan yang logis beserta indikator-indikator yang sesuai.

Selanjutnya, program harus dimonitor dan dievaluasi. Monitoring & Evaluasi (M&E) memainkan peranan penting dalam siklus hidup sebuah program karena dari sinilah refleksi dan pembelajaran bisa ditarik untuk perbaikan langkah berikutnya bagi berjalannya program. Pembelajaran ini selanjutnya akan berkontribusi pada meningkatkan efektivitas suatu proyek untuk menuju perubahan sosial yang diharapkan.

Idealnya Perencanaan, Monitoring & Evaluasi dilakukan secara partisipatif sehingga memungkinkan para pengelola dan penerima manfaat bersama-sama membuat keputusan yang tepat dan menjamin bahwa proyek berjalan seperti yang direncanakan dan melakukan modifikasi jika diperlukan. Perencanaan, Monitoring & Evaluasi yang partisipatif juga membuka peluang untuk lebih memberdayakan para penerima manfaat dalam monitoring proyek secara sistematis dan seksama.

Output Pelatihan

  • Pemahaman yang lebih baik dalam:
    • merumuskan hirarki hasil secara logis dan merumuskan indikator dengan baik dalam perencanaan proyek
    • proses M&E yang sistematis;
    • konsep partisipatif dalam Perencanaan dan M&E program;
  • Logical framework yang sistematis
  • Rancangan M&E partisipatif.

Waktu dan Tempat

Pelatihan akan diselenggarakan selama empat hari: 8 – 11 Oktober 2013, jam 08.30 – 17.00 di University Club, UGM Yogyakarta, Jl. Pancasila No 2 Bulaksumur Komplek UGM Jogjakarta,

Phone / Fax : 0247 563 461. Bila dalam waktu satu minggu sebelum pelatihan peserta tidak memenuhi 7 orang, maka pelatihan akan ditunda sampai paling lambat satu bulan kemudian.

Berminat mengikuti pelatihan ini?

  • Pendaftaran dimulai sejak pelatihan ini dipubilkasikan sampai dengan tanggal 6 September  2013;
  • Bagi yang berminat mendaftar, silahkan mengirim email pernyataan minat, disertai data nama, asal organisasi, nomor telepon yang bisa dihubungi, ke alamat:  office@circleindonesia.or.id atau telepon 0274-623896. Contact person: Tiwik Sri Mulyani, email: tiwik@circleindonesia.or.id no HP 0819 0459 0390;
  • Mengingat jumlah peserta dibatasi  (maksimal peserta adalah 18 orang) untuk menjaga efektifitas pelatihan, maka CIRCLE Indonesia akan melakukan konfirmasi tentang ketersediaan  tempat dan mengirimkan invoice biaya pendaftaran untuk Anda segera setelah pendaftaran dilakukan;
  • Pendaftar diminta melakukan pembayaran baik secara cash atau transfer ke rekening a.n. Koperasi CIRCLE Indonesia pada Bank Mandiri cabang Sinduadi, Sleman, No : 137 00 0987423 7, paling lambat 7 hari setelah invoice dikirimkan dan menyampaikan informasi kepada CIRCLE Indonesia setelah melakukan pembayaran.

Untuk informasi lebih detail, silakan lihat Kerangka Acuan pelatihan pada link berikut:  http://circleindonesia.or.id/wp-content/uploads/2013/06/FINAL_TOR-Pelatihan-Perencanaan-Monitoring-Evaluasi_8-11-Oktober-2013.pdf

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Comments are closed.

en_US
id_ID