+62 274 623896

Home » Proyek » New Normal CSO: Pengembangan Kapasitas Lintas CSO di Masa Pandemi – Pelatihan daring JICA NGO Desk

New Normal CSO: Pengembangan Kapasitas Lintas CSO di Masa Pandemi – Pelatihan daring JICA NGO Desk

Fasilitator:

  • Mutia Dewi, S.Sos.M.I.Kom
  • Nina Hendarwati
  • Tenti Novari
  • Yohanes da Masenus Arus, MA
  • Sukma Tin Aprillya, S.P., MPD
  • Zaki Habibi, PhD
  • Dr. Laila Kholid Alfirdaus, S.IP., MPP
  • Deddy Heriyanto, MSi

Diikuti oleh 30 organisasi lokal, pelatihan terdiri dari lima sesi yaitu:

  1. Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi yang Efektif sebagai Pemimpin dan Manajemen (fasilitator: Mutia Dewi, S.Sos.M.I.Kom )
  2. Keterampilan Coaching dan Mentoring (fasilitator: Nina Hendarwati dan Tenti Novari Kurniawati MA)
  3. Penyusunan Rencana Stratagis untuk Organisasi (fasilitator: Yohanes da Masenus Arus, MA dan  Sukma Tin Aprillya, S.P., MPD)
  4. Membangun Kreativitas menjadi Inovasi (fasilitator: Zaki Habibi, PhD)
  5. Monitoring dan Evaluasi adaptif selama pandemic (fasilitator: Dr. Laila Kholid Alfirdaus, S.IP., MPP dan Deddy Heriyanto, MSi)

Pelatihan ini dimulai Oktober hingga November 2021. Kegiatan ini dilakukan secara daring dan bekerja sama dengan CIRCLE Indonesia sebagai fasilitator.  

Hari Rabu, 13 Oktober 2021, telah diadakan pelatihan pertama dengan topik “Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi yang Efektif sebagai Pemimpin dan Manajemen”. Sesi pelatihan diawali dengan sambutan dari Deddy Heriyanto, M.Si, Direktur CIRCLE Indonesia dan Mr. Tanaka Tsutomu, Senior Representative JICA Indonesia .

“Sebagai entitas yang dikenal dinamis, kreatif, dan inovatif, kami yakin CSO di Indonesia dapat bertahan juga tumbuh dengan baik meski di tengah pandemik,” ungkap Tanaka Tsutomu dalam sambutannya.

Pelatihan terakhir dilaksanakan pada hari 10 November 2021 dengan topik “Monitoring dan Evaluasi adaptif selama pandemic”. Pelatihan seri ini ditutup dengan sambutan penutup oleh Mr. Tanaka Tsutomo, serta Ir. Sabastian E. Saragih, M.Sc. sebagai Ketua Badan Pengawas CIRCLE Indonesia.

Diharapkan kelima topik pelatihan ini dapat memfasilitasi peningkatan kapasitas peserta dalam berorganisasi di masa pandemi dan menyambut datangnya era NewNormal

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Comments are closed.